translate

Sekolah di Medan Didorong Agar Miliki UKS

Senin, 10 Agustus 2009

Medan, 13/1 (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Medan mendorong setiap sekolah di daerah itu memiliki unit kesehatan sekolah (UKS) untuk menciptakan sekolah sehat yang merupakan salah satu faktor utama dalam peningkatan mutu siswa.

“Kalau siswa sehat, maka proses pembelajaran juga akan berjalan baik. Untuk itu kami sangat mendorong agar setiap sekolah memiliki unit tersebut sebagai upaya membantu menciptakan sekolah sehat,” kata Kepala

Dinas Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri, di Medan, Selasa.

Ia mengatakan, dewasa ini belum semua sekolah di Medan memiliki UKS, disebabkan tidak tersedianya ruang khusus, dana maupun kader kesehatan.

Dari 2.200 sekolah di Medan, baru sekitar 60 persen atau sebanyak 1.328 sekolah yang sudah memiliki UKS, dan rata-rata yang sudah memiliki UKS merupakan sekolah yang sudah mapan.

“Padahal semua itu bisa diatasi jika ada niat dan semangat dari masing-masing pihak pengelola sekolah,” katanya.

Untuk persoalan ruangan, misalnya, pihak sekolah bisa menyisihkan salah satu ruangan yang tersedia untuk UKS, atau jika tidak ada bisa membangun suatu ruang kelas dengan meminta peran komite sekolah.

Sedangkan dana operasionalnya bisa bersumber dari dana BOS dan kadernya akan dibimbing serta dilatih oleh Dinas Kesehatan.

“Kalau kami kapasitasnya hanya menyediakan tempat di sekolah, sedangkan pembekalan siswa dan guru UKS akan dilakukan Dinas Kesehatan,” katanya.

Kepala Subdin Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Medan, Ida Nurhaida, mengakui sudah seharusnya setiap sekolah memiliki UKS karena anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah.

“Dalam rangka penguatan kualitas kesehatan hidup masyarakat sudah seharusnya UKS tersedia di setiap sekolah, sebab kebiasaan hidup bersih dan sehat tidak hanya dilakukan di rumah tetapi juga di sekolah,” katanya.

Selain itu, kata dia, UKS juga bermanfaat sebagai sarana edukasi bagi siswa, karena sejak dini sudah diajarkan prinsip-prinsip hidup sehat agar kelak menjadi sebuah kebiasaan.

“Untuk menciptakan itu diperlukan kehadiran UKS di sekolah untuk membantu siswa memberikan pengetahuan kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit dan ke depannya dapat menjaga diri untuk terus terbiasa hidup sehat,” katanya. ***3***
(T.PK-JRD/B/R014/R014) 13-01-2009 09:04:25
SUMBER : www.antarasumut.com

0 komentar:

Posting Komentar