translate

Ikatan Alumni FT IAIDU Kisaran Akan Gelar Seminar bagi Tenaga Pendidik

Senin, 10 Agustus 2009

Kisaran, (Analisa)

Ikatan Alumni Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Daar Al Uluum (IAIDU) Asahan akan menggelar Seminar dan Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tingkat nasional yang akan berlangsung, Minggu (9/8) di aula perguruan tinggi swasta itu.
Ketua Panitia Penyelenggara Seminar dan Diklat PTK Edi Sahputra Siagian

didampingi Sekretaris Sutrisno, S.Ag kepada sejumlah wartawan di sekretariat panitia komplek IAIDU Asahan menjelaskan, seminar dan Diklat PTK merupakan salah satu upaya bagi seorang tenaga guru untuk mengimplementasikan kompetensi, khususnya menyangkut kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial.

"Secara sederhana bertujuan untuk menelaah dan meneliti keberhasilan maupun kekurangan dalam proses pembelajaran di kelas, baik terhadap siswa, metode, kurikulum maupun media lainnya," paparnya.

Ia mengakui, seminar yang dilaksanakan pihaknya itu sangat penting bagi tenaga pendidik dan peserta lainnya, hingga para pendidik benar-benar dapat mengetahui cara membuat PTK yang baik dan benar, karena pada kenyataannya, masih banyak tenaga guru yang belum mengerti dan memahami PTK.

Apalagi UU No 14 tahun 2005, tenaga guru dituntut memiliki kompetensi. "Kompetensi guru merupakan kebulatan penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang ditampilkan melalui unjuk kerja," paparnya.

Dalam merealisasikan hal itu, Ikatan Alumni Fakultas Tarbiyah IAIDU Asahan mengadakan seminar dan Diklat PTK tingkat nasional.

"Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara IAIDU dengan Lembaga Penelitian UNIMED dan Pusdiklat Profesional Pendidikan Sumut," ujar Edi.(aln)

0 komentar:

Posting Komentar